Karakteristik Perdagangan Valuta Asing

Posted by jalatama Rabu, 16 Januari 2013 0 komentar
Karakteristik Perdagangan Valuta Asing


Dengan adanya transaksi diluar bursa (over the counter) sebagai pasar tradisional dari perdagangan valuta asing, banyak sekali pasar valuta asing yang saling berhubungan satu sama lainnya dimana mata uang yang berbeda diperdagangkan, sehingga secara tidak langsung artinya bahwa "tidak ada kurs tunggal mata uang dollar melainkan kurs yang berbeda-beda tergantung pada bank mana atau pelaku pasar mana yang bertransaksi". Namun dalam prakteknya perbedaan tersebut seringkali sangat tipis.


6 Peringkat Teratas Mata Uang Yang Diperdagangkan


 Peringkat Mata uang                   Kode ISO 4217      Simbol

1 United States dollar                          USD                 $

2 Eurozone euro                                 EUR                

3 Japanese yen                                   JPY                 ¥

4 British poundsterling                        GBP                 £

5 Swiss franc                                      CHF                 Fr

6 Australian dollar                               AUD                 $


Sangat sedikit atau bahkan tidak ada "perdagangan orang dalam" (insider trading) yang terjadi dalam pasar valuta asing. Fluktuasi kurs nilai tukar mata uang biasanya disebabkan oleh gejolak aktual moneter seperti ekspektasi pasar terhadap gejolak moneter yang disebabkan oleh perubahan dalam pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB/GDP), inflasi, suku bunga, rancangan anggaran dan defisit perdagangan atau surplus perdagangan, penggabungan dan akuisisi serta kondisi makro ekonomi lainnya. Berita utama selalu dipublikasikan untuk umum, sehingga banyak orang dapat mengakses berita tersebut pada saat yang bersamaan. Namun bank-bank besar memiliki nilai lebih yang cukup penting yaitu mereka dapat melihat arus pergerakan "pesanan" mata uang dari nasabahnya.

Mata uang diperdagangkan satu sama lainnya dan setiap pasangan mata uang merupakan suatu produk tersendiri seperti misalnya EUR/USD, USD/JPY, GBP/USD dan lain-lain. Faktor yang berpengaruh pada salah satu mata uang misalnya USD akan juga mempengaruhi nilai pasar pada EUR/USD, USD/JPY dan GBP/USD. (bersambung)
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Karakteristik Perdagangan Valuta Asing
Ditulis oleh jalatama
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://jalatamajab.blogspot.com/2013/01/normal-0-false-false-false-en-us-x-none.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Trik SEO Terbaru|Copyright of Jalatama Artha Berjangka News.