Posted by jalatama Senin, 14 Januari 2013 5 komentar

BURSA KOMODITAS

Bursa komoditi merupakan tempat pertemuan antara permintaan dan penawaran komoditas dan produk-produk derivatifnya. Pihak penjual dan pihak pembeli barang-barang komoditas bertemu di dalam bursa tersebut. Selain pembeli dan penjual, ada pula perantara perdagangan yang disebut sebagai pedagang dan pialang berjangka. Pedagang dapat mengambil posisi sendiri, sedangkan pialang tidak dapat memegang posisi.


Komoditi yang umumnya ditransaksikan adalah kopi, kakao, gula, kedelai, jagung, emas, dan CPO (crude palm oil, minyak sawit mentah), katun, logam (emas, perak, nikel) dan juga kontrak berjangka lain yang menggunakan komoditi sebagai aset acuannya. Kontrak berjangka ini mencakup harga spot, kontrak serah, kontrak berjangka dan opsi berjangka ataupun suku bunga, instrumen lingkungan hidup, swap, ataupun kontrak derivatif pengangkutan.


Bursa komoditi biasanya memperdagangkan kontrak berjangka atas komoditi. Seorang petani yang menanam jagung dapat menjual kontrak berjangka jagung yang baru akan dipanennya beberapa bulan kemudian dan mendapatkan jaminan harga yang akan diterimanya kelak pada saat barang akan diserahkan setelah panen dilakukan dan seorang produsen makanan ringan membeli kontrak tersebut saat ini dan mendapatkan jaminan bahwa harga tidak akan naik pada waktu barang dikirimkan kelak. Hal ini akan melindungi petani dari kejatuhan harga dan melindungi pula pembeli dari kenaikan harga.


Spekulator juga melakukan pembelian dan penjualan kontrak berjangka untuk mendapatkan keuntungan dan menyediakan likuiditas terhadap sistem perdagangan berjangka.


Bursa berjangka biasanya menentukan suatu batas nilai dimana harga komoditi dapat bergerak naik maupun turun. Sementara minimum fluktuasi ini dikenal sebagai "kode" atau "tick" atau commodity tick. Setiap kontrak berjangka memiliki ukuran yang berbeda-beda, jumlah, penilaian dan lain-lain, sehingga setiap "ukuran kode" yang digunakan dalam kontrak berjangka amat tergantung pada variabel tersebut. Ukuran ini amat penting oleh karena mencerminkan kemungkinan harga yang tersedia.
(Sumber : Wikipedia ; pojoktrading.com)
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul:
Ditulis oleh jalatama
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://jalatamajab.blogspot.com/2013/01/bursa-komoditas-bursa-komoditi.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

5 komentar:

411allshop mengatakan...

Thanks info nya, pak...
Good luck

jalatama mengatakan...

Sama-sama

ray mengatakan...

Good info..:)

Anonim mengatakan...

i love jab

Unknown mengatakan...

Than'x ya infony today bisa dpt profit , walapun lebih dikit se dari biasany, yg bisa profit 💰💰💰

Posting Komentar

Trik SEO Terbaru|Copyright of Jalatama Artha Berjangka News.